Cara Menjinakan Burung Jalak

Cara Menjinakan Burung Jalak - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Cara Menjinakan Burung Jalak, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Cara Menjinakan Burung Jalak
Cara Menjinakan Burung Jalak


lihat juga


Cara Menjinakan Burung Jalak

Artikel Jalak Suren, Cara menjinakan burung jalak yang kami sajikan bisa berjalan lancar apabila burung peliharaan sobat masih muda atau anakan. Namun, jika burung peliharaan sobat sudah tua, mungkin waktu penjinakannya akan lebih lama bahkan tak akan bisa maksimal. Semua tergantung usaha sobat dan kharakter burung jalak milik sobat.

Cara menjinakan burung jalak
tips lengkap

Berikut yang perlu sobat perhatikan sebelum menjinakan burung.

6 Hal yang harus diperhatikan sebelum menjinakan burung

  1. Kondisi burung harus sehat dan dalam keadaan fit.
  2. Lingkungan tempat latihan atau tempat penjinakan sebisa mungkin terbebas dari gangguan hewan-hewan lain seperti kucing, anjing, ayam, dan kendaraan bermotor, serta aktivitas manusia.
  3. Jangan melakukan latihan penjinakan burung pada siang hari karena burung mudah stres dan tidak mau berkonsentrasi pada latihan yang sobat berikan.
  4. Jangan pula melakukan latihan penjinakan burung pada sore hari, alasannya burung mudah kehilangan kontrol pada saat matahari akan terbenam. Jika ini dipaksakan maka burung kesayangan sobat bisa mengalami gangguan pengelihatan.
  5. Kalau bisa melatih burung Jalak Kerbau atau Jalak Suren yang masih muda, karena dua jenis burung jalak tersebut memiliki tingkat kercerdasan setara dengan burung paruh bengkok.
  6. Berikan makan sekali saja, yaitu pada pagi hari. Intinya, 3-4 jam sebelum memulai latihan penjinakan, pakan burung harus dijauhkan dari burung Jalak. Soalnya, kondisi perut yang sedang lapar akan lebih mudah membuat burung menuruti perintah kita.
Setelah melakukan persiapan yang sudah dijelaskan di atas, Sobat harus melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tahap penjinakan burung yang seperti sudah dijelaskan Omkicau.

Tahap-tahap menjinakan burung Jalak

  • Perkenalan dengan memberi makan di telapak tangan
Burung Jalak dibiasakan berada diluar sangkar. Kalau bisa lepaskan burung Jalak di ruangan yang tertutup, misalnya di kamar atau di ruangan lainnya. Kemudian letakan sangkar di lantai dan lepaskan burung Jalak sobat. Biarkan burung mengeksplorasi ruangan sambil panggil-panggil burung sobat dengan nama panggilan kesukaannya.

Langkah selanjutnya, coba pancing burung Jalak sobat dengan siulan dan memberikan pakan berupa ulat Hong Kong atau voer di telapak tangan. Ini mungkin sedikit sulit, tapi biasakan memberikan pakan dengan meletakan di telapak tangan agar burung Jalak cepat jinak.

Setidaknya cara tadi dilakukan selama beberapa hari (3-4 hari, 2-3 kali sehari) sampai burung peliharaan sobat mau mengambil makan dari telapak tangan sobat. Kalau burung sobat tidak mau makan, coba berikan pakan di lantai saja.

  • Melatih burung masuk sangkar
Setelah menjalankan latihan memberikan pakan di telapak tangan, kini saatnya sobat melatihnya masuk ke sangkar. Caranya, coba bersiul atau menggunakan kata-kata yang bisa dikenali burung sobat. Disamping itu, pancing burung sobat menggunakan pakan kesukaan sambil tetap bersiul di belakang sangkar. Cara ini harus dilakukan secara rutin sampai burung sobat mau masuk ke sangkar saat sobat suruh.

  • Melatih burung di luar ruangan
Tahap ini memang sangat beresiko karena burung sobat bisa kabur kapan saja. Namun, kalau sobat yakin bahwa burung sobat sudah jinak maka sobat tak perlu khawatir. Sebagai tindakan pengamanan, sebaiknya ikat kaki burung dengan tali benang nilon.

Setelah di ikat, berdirilah dengan jarak 2-3 meter dari burung. Lalu, panggil burung sambil menunjukan pakan berupa ulat Hong Kong, Jangkrik, atau voer. Jika burung mau mengikuti perintah sobat, maka jarak sobat dengan burung harus di perjauh, misal 10 meter.

Ingat kaki tetap harus diikat dengan tali benang nilon. Tali boleh dilepas apabila burung sudah mau beberapa kali menghampiri sobat walaupun jaraknya cukup jauh.

Demikianlah tadi Cara Menjinakan Burung Jalak. Memang cara penjinakan ini sangat berisiko, jadi harap berhati-hati, jangan sampai burung kesayangan sobat lepas begitu saja. Terimakasih terlah menyimak arikel ini. Salam sukses selalu...



Demikianlah Artikel Cara Menjinakan Burung Jalak

Sekian BLACK HAT SEO Cara Menjinakan Burung Jalak, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Menjinakan Burung Jalak dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2017/08/cara-menjinakan-burung-jalak.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,