Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam

Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam
Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam


lihat juga


Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam

Artikel Cililin, tips lengkap - Perbedaan burung cililin coklat dan hitam ini bisa dibedakan dari habitat, warna, jenis suara, harga serta ciri fisik lainnya. Cililin ini adalah jenis burung dari keluarga gagak-gagakan, bahkan ada juga yang menyebut jenis burung ini dengan sebutan burung Gagak jerit. Burung Cililin (Platylophus Galericulatus) juga merupakan Cordvidae Family yang diketahui memiliki suara yang bagus dan juga punya tingkat kecerdasan yang tinggi.

Perbedaan burung cililin coklat dan hitam
hbw.com

Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam

Pada umumnya di Indonesia, dapat ditemukan dua jenis cililin yaitu cililin hitam dan coklat. Anda harus tahu bagaimana membedakan cililin coklat dan hitam karena tak ada yang tahu kapan Anda akan dihadapkan dengan hal-hal seperti ini.

Cililin termasuk dalam keluarga gagak-gagakan. Meski tidak terlalu mirip gagak kecuali cililin hitam karena bulunya hampir sama dengan gagak, hanya saja gagak memiliki bulu yang hitam pekat. Burung jenis ini memiliki nama remsi tangkar ongklek atau jika Anda berjalan-jalan di Indonesia bagian barat, cililin lebih dikenal sebagai gagak jerit.

1. Dilihat dari Daerah Asalnya
Cililin hitam banyak dijumpai dari Pulau Jawa dan juga disekitarnya. Sedangkan untuk Cililin yang coklat ini memiliki daerah asal di luar Pulau Jawa.

2. Suara Burung Cililin
Suara burung cililin baik itu cililin hitam dan coklat mungkin terdengar sama saja. Namun, terdapat sedikit perbedaan yang ada antara cililin coklat dan hitam jika dilihat dari segi suara.

Cililin coklat mempunyai suara yang lebih bertenaga dan sangat kencang. Kemudian, untuk burung cililin hitam memiliki suara kasar dan ngeroll dengan durasi yang lebih pendek jika dibandingkan dengan burung cililin coklat.

Perbedaan burung cililin coklat dan hitam
flickr.com

3. Warna Bulunya
Inilah yang dijadikan sebagai patokan paling utama untuk mengetahui perbedaan burung cililin coklat dan hitam, yakni dengan melihat warna bulunya. Akan tetapi, Anda bisa perhatikan dengan teliti. Sebab, untuk warna bulu tidak sepenuhnya karena genetika alami. Dapat disebabkan oleh perubahan bulu karena stress, penyakit, serta sedikit genetika berbeda maupun kelainan keturunan.

Biasanya untuk burung cililin hitam yang banyak ditemukan di wilayah Jawa yaitu yang berwarna hitam. Ada juga yang punya warna bulu sedikit abu-abu. Lalu, untuk burung cililin coklat yang dijumpai di Sumatera, pada umumnya mempunyai warna bulu coklat maupun sedikit kemerahan. Tak hanya itu saja, bintik putih juga ada pada daerah alis. Sedangkan yang jantan punya bintik putih yang rapat dan kecil. Dan untuk yang betina, memiliki bintik putih yang besar.

4. Jambul
Untuk bagian jambul pada burung cililin tidak terlalu memiliki perbedaan yang besar. Akan tetapi, perbedaan ada dibagian warna jambulnya. Walaupun jambul burung cililin coklat cenderung berwarna coklat, akan tetapi sedikit mengarah ke hitam.

Sama halnya dengan burung cililin hitam. Jambulnya memiliki warna hitam, akan tetapi terdapat juga yang sedikit berwarna abu-abu kehitaman. Lalu untuk ukuran sebenarnya sama saja. Ukurannya juga hampir sama, kecuali untuk masalah jenis kelamin. Jantan cenderung mempunyai jambul lebih lebat dan panjang jika dibandingkan burung cililin betina.

5. Mata
Perbedaan burung cililin coklat dan hitam juga bisa dilihat di bagian mata. Untuk bagian mata, cililin coklat ini mempunyai mata hitam pekat. Jadi, lain halnya dengan mata cililin hitam yaitu abu-abu maupun yang sedikit kehitaman. Semuanya mempunyai mata yang sama-sama menonjol untuk jenis jantan. Lain halnya dengan burung cililin jenis betina yang sedikit tampak layu.

Ok, sampai disini dulu ya. Semoga ulasan kami di atas ini mengenai Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam senantiasa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah berkunjung, salam tips lengkap.


Demikianlah Artikel Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam

Sekian BLACK HAT SEO Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2019/07/perbedaan-burung-cililin-coklat-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,