Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya

Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya
Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya


lihat juga


Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya

Artikel KACER,
Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya

tips lengkap - Burung kacer merupakan salah satu jenis burung berkicau yang tubuhnya berukuran sedang. Untuk warna bulunya burung ini mempunyai warna hitam dan putih. Unruk bentuk ekor dari jenis burung ini panjang sedang, Ketika burung kacer sedang mencari makanan di permukaan tanah atau saat bertengger, kacer akan mengangkat ekornya ke atas.

Burung kacer ini ternyata banyak dikenal dengan nama Kucica Kampung. Untuk burung yang berubuh sedang ini banyak ditemukan di daerah Asia Selatan dan juga di Asia Tenggara. Bahkan di Indonesia sendiri, burung kacer dihabitat aslinya saat ini hampir mulai punah.

Menipisnya jumblah burung ini disebabkan karena penangkapan/pemburuan, jumblah penangkapannya ini melebihi batas. Di habitat aslinya, burung kacer juga suka sekali bertualang di berbagai macam lingkungan. Habitat asli dari burung kacer ini yaitu ada di dataran rendah dengan ketinggian yang mencapai 1000 meter di atas permukaan laut.

Dalam kehidupannya, setiap burung kicauan pastinya akan mengalami proses mabung, tak terkecuali burung kacer ini. Jika Anda merupakan pemelihara burung kacer ini, sebaiknya Anda semuanya mengetahui seperti apa proses mabung burung kacer itu.

Proses Mabung Burung Kacer
Dalam proses mabungnya burung kacer ini termasuk proses alami yang juga dialami oleh semua jenis burung ocehan. Mabung yaitu proses pergantian bulu yang akan dijumpai setiap burung di dalam masa-masa tertentu.

Ketika sedang mengalami proses mabung, burung sebaiknya dirawat dengan cara yang baik dan benar. Dari mulai tahap awal hingga sampai selesai. Dengan begitu, proses mabung ini bisa dilakukan dengan maksimal.

Burung kacer juga termasuk salah satu jenis burung yang memiliki banyak penggemar, khususnya untuk para kicaumania. Hal ini tidak lain karena kualitas kicauan yang dimiliki oleh burung kacer ini cukup menarik.

Ciri Burung Kacer Mabung
Apabila Anda memelihara burung kacer, maka Anda harus tahu proses mabungnya. Dengan demikian, Anda bisa merawat burung kacer dengan efektif selama dalam masa mabung. Berikut ini ciri burung kacer yang sedang mengalami mabung.

Ciri paling pokok pada saat proses mabung yakni bulu-bulu kecil yang terlihat mulai berjatuhan. Pada umumnya jumblahnya sebanyak 1 sampai dengan 4 helai saja. Dan keadaan seperti ini akan menjadi semakin parah pada keesokan harinya. Karena bulu yang berjatuhan jumblahnya bertambah dan semakin banyak.

Ciri yang lain selanjutnya yakni bulu-bulu burung kacer terlihat kusam. Warna bulunya yang pada umumnya hitam tidak akan terlihat mengkilap lagi. Jadi, akan kurang enak dipandang.

Burung kacer yang sedang mabung juga terlihat tidak bergairah lagi dan bahkan akan menjadi malas untuk berkicau. Selain itu, burung kacer yang sedang mabung pada bagian matanya akan terlihat sayu serta memiliki tatapan mata yang tampak kosong.

Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya
hewanpeliharaan.org

Proses Mabung Burung Kacer dan Perawatannya
Proses mabung ternyata bisa terjadi selama beberapa kali sesuai dengan usianya. Akan tetapi, Anda tidak perlu bingung tentang proses pergantian bulu ini. Nah, berikut ini adalah proses mabung dan juga cara perawatan burung kacer mabung yang harus Anda ketahui.

Usia 3 Bulan Pertama
Pada saat burung kacer masih dikatakan piyik, sampai usianya 3 bulan sesudah menetas, burung kacer pastinya mengalami pergantian bulu. Tapi, pergantian bulu ini bukan yang disebut dengan mabung, sebab untuk proses mabung ini hanya terjadi untuk burung kacer yang usianya sudah dewasa.

Usia 6 Bulan
Pada saat burung kacer usianya 6 bulan, proses mabung sudah akan mulai terlihat. Burung kacer bulunya akan berganti yang baru. Masa pergantian bulu yang dinamakan dengan mabung. Bulu yang baru termasuk bulu dewasa yang nantinya akan dipakai untuk terbang.

Setelah Mabung Yang Pertama
Mabung atau proses pergantian bulu ini juga termasuk proses pertama yang juga terjadi pada burung kacer. Setelah mengalami mabung yang pertama, burung kacer tidak akan mengalami mabung dalam waktu 6 sampai 8 bulan kedepan.

Usia 12 Bulan
Pada saat memasuki usia 12 hingga 15 bulan, burung kacer juga akan mengalami fase mabung lagi. Dimana, ketika burung kacer mabung dalam tahapan yang kedua ini, bulu yang rusak nantinya akan berganti.

Sesudah mabung yang kedua, burung kacer ini sudah siap untuk tarung dan juga memiliki mental yang bisa dikatakan sangat bagus. Suaranya akan lebih merdu serta mempunyai stamina yang bagus. Akan tetapi, semua itu tergantung dengan perawatan yang diberikan. Tugas Anda yang selanjutnya yaitu memberikan perawatan yang benar untuk burung kacer Anda.

Saat Anda mengetahui burung kacer Anda mabung, maka Anda harus bisa tahu juga bagaimana perawatan burung ini. Berikut ulasan lengkapnya dibawah ini;

Menambahakan Extra Fooding Sementara
Ketika burung kacer sedang dalam keadaan mabung, dalam perawatannya Anda harus menambah makanan tambahan atau extra fooding. Untuk pemberian extra fooding ini bisa Anda lakukan selama satu minggu penuh agar hasilnya menjadi lebih efektif. Berikan makanan tambahan seperti, jangkrik, ulat Hongkong, dan juga kroto.

Apabila telah melewati waktu sekitar satu minggu, lebih baik Anda mulai menyetop pemberian extra fooding tersebut. Selalu perhatikan masalah kebersihan sangkar. Sebab, ketika burung kacer tersebut sedang mengalami siklus mabung, maka bulu-bulunya akan rontok berserakan. Kemudian untuk sisa-sisa makanan tambahan disini juga sebaiknya dibersihkan saja. Tujuannya agar tidak menjadi bangkai maupun timbul kutu dan juga jamur.

Pengkerodongan
Pada saat proses mabung pada burung kacer, sebaiknya lakukan pengkerodongan. Pengkerodongan burung bisa Anda lakukan setiap hari. Tujuannya yaitu untuk membuat burung kacer Anda bisa beristirahat dengan tenang tanpa merasa takut. Sebab, didalam masa mabung ini burung kacer sangat asing dengan berbagai macam hal yang mendekat.

Jangan Memandikan Burung Saat Mabung
Ketika burung kacer Anda sedang mengalami siklus mabung, maka hal yang tidak boleh Anda lakukan yaitu memandikan burung kacer. Tujuannya tidak lain untuk menjadikan bulu burung kacer agar bisa menjadi lebih bagus lagi. Akan lebih baik jika Anda menunggu bulu tumbuh dengan sempurna baru Anda dapat memandikannya kembali seperti biasanya.

Didalam pemandian burung kacer yang sedang dalam keadaan mabung, lakukanlah sesuai dengan petunjuk. Anda semua bisa memakai shampo kusus burung agar bulunya halus dan bisa menghilangkan kotoran yang ada pada bulu.

Keberhasilan dalam mengatasi burung kacer mabung ini sangat tergantung dengan perawatan Anda yang memelihara burung tersebut. Harus Anda ketahui, jika burung kacer masih akan mabung dalam waktu 2-3 tahun selanjutnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui usianya agar bisa disesuaikan dengan perawatannya.


Demikianlah Artikel Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya

Sekian BLACK HAT SEO Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Ciri Burung Kacer Mabung dan Prosesnya dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2019/08/ciri-burung-kacer-mabung-dan-prosesnya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,