Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar

Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar
Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar


lihat juga


Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar

Artikel KACER, tips lengkap - Cara mengatasi burung kacer yang giras ngeruji harus Anda pelajari sebaik mungkin. Apalagi untuk Anda yang hobi mengikuti lomba burung. Hal ini dikarenakan ngeruji bisa mempengaruhi burung kacer kesayangan Anda sehingga dapat kalah dalam lomba.

Kebiasaan ngeruji sebenarnya juga dapat dilakukan oleh jenis burung lainnya. Selain burung kacer, ngeruji juga sering dilakukan burung lovebrid, serindit, kenari dan lain sebagainya. Dengan Anda tahu cara mengatasinya, maka penampilan burung kacer Anda bisa lebih maksimal.

Cara mengatasi burung kacer giras ngeruji nabrak sangkar

Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji
Burung kacer adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara penghobi burung. Hal ini dikarenakan burung kacer memiliki suara yang nyaring dan bervariasi. Tidak hanya itu, burung kacer juga memiliki penampilan yang terbilang elegan. Semakin elegan apabila burung kacer sedang bergaya ngobra.

Sebelum Anda tahu bagaiman cara mengatasi burung kacer giras ngeruji, ada baiknya jika Anda tahu apa saja penyebabnya terlebih dahulu. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menangani nantinya.

Adapun salah satu hal yang menyebabkan burung kacer ngeruji yaitu over birahi atau yang juga dikenal dengan singkatan OB. Burung kacer mengalami over birahi apabila mengonsumsi pakan yang tinggi protein.

Selain karena over birahi, burung kacer giras akan ngeruji apabila Anda salah dalam memberikan perawatan harian. Sementara untuk cara mengatasinya, Anda bisa simak ulasan yang kami bagikan dibawah ini.

Kurangi Pakan EF (Exra Fooding)
EF (extra fooding) seperti jangkrik, kroto dan ulat Hongkong itu memiliki kandungan protein yang tinggi. Hal itu dapat menyebabkan burung kacer lebih mudah emosi. Tidak hanya itu saja, kacer juga lebih mudah birahi. Maka jangan heran jika pemberian pakan perprotein tinggi membuat burung kacer ngeruji.

Untuk mengatasinya, alangkah baiknya jika Anda mengurangi pakan EF tersebut. Dengan Anda membiasakan hal ini, maka burung kacer Anda tidak akan ngeruji lagi.

Beri Pakan Buah-Buahan
Selain membatasi pakan extra fooding, ada baiknya Anda rutin memberikan pakan berupa buah-buahan pada burung kacer yang Anda pelihara. Harus Anda ketahui bahwa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah-buahan bisa membantu proses pemulihan burung kacer sehingga tidak ngeruji lagi. Adapun buah yang bisa Anda berikan pada burung kacer yaitu pisang dan pepaya.

Beri Cacing Tanah
Cacing tanah terbukti mampu mengatasi ngeruji yang sering dilakukan burung kacer. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan cacing tanah pada burung kacer dalam kurun waktu beberapa hari sekali. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa langsung terlihat.

Perbanyak Mandi
Ngeruji juga bisa diatasi dengan cara memperbanyak mandi. Burung kacer yang rutin mandi bisa menurunkan birahinya. Oleh karena itu, pastikan Anda rutin memandikan burung kacer kesayangan Anda setiap pagi hari.

Tidak hanya itu, Anda juga sebenarnya bisa memandikan burung kacer saat malam hari. Hanya saja, pastikan kondisi kacer sedang keadaan benar-benar fit agar tidak mengalami sakit.

Kurangi Penjemuran
Tidak bisa dipungkiri bahwa penjemuran bisa meningkatkan birahi pada burung kacer. Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk mengurangi penjemuran pada burung kacer kesayangan Anda.
Ada baiknya jika Anda melakukan penjemuran setiap hari maksimal selama 20 sampai 30 menit saja.

Anda bisa melakukan penjemuran burung kacer pada pagi hari. Bahkan Anda disarankan untuk menghentikan proses penjemuran dalam kurun waktu tertentu apabila burung kacer selalu ngeruji saat bertemu dengan jenis burung lainnya.

Memasang Tali Ties di Sangkar
Cara mengatasi burung kacer giras ngeruji lainnya yaitu memasang tali ties di sangkar. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memasang tali ties yang posisinya menghadap kedalam sangkar di tiap jerujinya. Jangan ragu untuk melakukan cara ini karena termasuk solusi yang cerdas.

Pengembunan
Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi burung kacer giras ngeruji yaitu melakukan pengembunan. Burung kacer yang sering ngeruji bisa dirawat dengan pengembunan secara rutin.

Perlu Anda pahami bahwa pengembunan yang dilakukan secara rutin bisa mengatasi burung kacer yang stress. Tidak hanya itu, pengembunan juga bisa memberikan kesegaran. Dengan begitu, pengembunan bisa menghilangkan kebiasaan ngeruji yang dilakukan burung kacer kesayangan Anda.

Karantina
Cara mengatasi burung kacer giras ngeruji lainnya yaitu melakukan karantina. Cara ini bisa Anda lakukan pada burung kacer yang belum mapan atau masih bahan. Dalam melakukan karantina, Anda bisa memberikannya perawatan berupa full kerodong.

Anda juga bisa menempatkannya pada lingkungan yang baru. Pastikan Anda membantunya untuk cepat beradaptasi dalam lingkungan yang baru. Burung kacer ngeruji sebenarnya juga bisa disebabkan karena belum nyaman dengan lingkungan barunya.

Sangkar Terapi
Burung kacer yang suka ngeruji juga bisa Anda tempatkan pada sangkar terapi. Sangkar terapi itu sendiri adalah sangkar yang ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan sangkar burung kacer pada umumnya.

Sangkar ini dilengkapi dengan tangkringan tunggal yang sebelah kanan, kiri, atas dan belakangnya ditutup. Adapun penutup yang digunakan adalah karton. Anda bisa menutupnya dari dalam sangkar agar lebih praktis dan efisien.

Saat Anda menempatkan burung kacer didalam sangkar terapi, Anda bisa menggantungnya dengan ketinggian sejajar pandangan mata orang dewasa. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai burung kacer Anda tidak ngeruji lagi.

Kerodong Bagian Atasnya
Perlu Anda ketahui bahwa burung kacer juga akan ngeruji apabila takut dengan manusia. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengantungnya di tempat yang sering dilalui manusia. Pastikan posisinya sejajar dengan pandangan mata orang dewasa. Hal ini bisa Anda lakukan saat siang hari.

Sementara jika malam hari, sangkar burung kacer bisa ditempatkan di lantai saja. Untuk menghindari sangkar dikerumuni semut, maka Anda bisa mencoretkan kapur ajaib ataupun menaburi lantai dengan bedak.

Dalam memberikan perawatan ini, Anda bisa mengkerodong sangkar pada bagian atasnya saja. Jika tidak dikerodong, dikewatirkan burung kacer sering salto.

Pemantauan
Untuk mengetahui apakah cara mengatasi burung kacer giras ngeruji di atas berhasil atau tidaknya, maka pastikan Anda melakukan pemantauan secara rutin. Jika burung kacer giras masih suka ngeruji, ada baiknya Anda lebih rutin dan cermat dalam mempraktekan cara-cara di atas.

Lain halnya jika burung kacer yang Anda pelihara sudah tidak lagi ngeruji, maka Anda bisa memberikan perawatan harian sebagaiman mestinya. Hal ini dilakukan agar burung kacer Anda tidak mengalami malgizi atau kekurangan gizi.

Pemberian Vitamin Tambahan
Pemberian vitamin taambahan tidak hanya diberikan pada burung kacer yang berhenti ngeruji saja, akan tetapi juga sebagai bentuk perawatan yang baik untuk burung kacer. Hal ini dikarenakan vitamin tambahan bisa memberikan banyak manfaat pada burung kacer.

Adapun salah satu manfaatnya yaitu burung kacer bisa selalu fit. Selain itu, burung kacer juga tidak akan mudah stress. Vitamin juga bisa meningkatkan nafsu makan burung kacer. Dengan Anda memebrikan vitamin tambahan, maka Anda sama saja telah menjaga kesehatan burung kacer kesayangan Anda sendiri.

Selain sehat, burung kacer juga bisa lebih mudah jinak. Kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengikutsertakan burung kacer kesayangan Anda lomba. Cara mengatasi burung kacer giras ngeruji dengan memberikan vitamin tambahan tersebut bisa dilakukan setidaknya dua kali dalam seminggu.


Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar

Sekian BLACK HAT SEO Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Ngeruji Nabrak Sangkar dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2019/10/cara-mengatasi-burung-kacer-giras.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,