Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik

Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik
Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik


lihat juga


Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik

Artikel Poksay,
Ciri khas burung poksay hitam dan suaranya yang unik
hewanpeliharaan.org

tips lengkap - Salah satu jenis burung poksay ini juga dapat dijadikan burung peliharaan, yaitu burung poksay hitam. Walaupun tidak termasuk burung endemik, burung poksay hitam (Garullak lugubris) adalah jenis burung penetap. Yang pada umumnya bisa dijumpai di hutan-hutan yang terdapat di kawasan pegunungan di Sumatera.

Ciri khas burung poksay hitam yaitu keunikan suara kicauannya yang hampr mirip dengan burung poksay jambul Sumatera. Dan inilah yang membuatnya menjadi satu dari beberapa jenis burung poksay yang banyak dipelihara oleh para pencinta burung kicauan.

Burung poksay jika dalam literatur internasional sebutannya adalah black laughingthrush. Jenis burung poksay ini merupakan keluarga dari Leiothrichidae, dengan genus Garrulax. Yang mana, dalam genus tersebut juga ada burung hwamei, poksay hongkong. Selain itu, ada juga burung poksay jambul, dan beberapa spesies poksay populer lainnya.

Daerah Persebaran Burung Poksay Hitam
Burung poksay hitam daerah persebarannya yaitu berada di Semenanjung Malaysia dan Thailand. Kemudian, apabila di Indonesia burung ini bisa dijumpai di kawasan hutan-hutan pegunungan Sumatera. Kususnya pada daerah dengan ketinggian 600 sampai dengan 1.600 meter dari permukaan laut.

Ciri Khas Burung Poksay Hitam
Ciri khas burung poksay hitam yaitu terdapat warna kuning kemerahan pada bagian paruhnya. Kemudian pada bagian bulunya berwarna hitam kecoklatan yang menyebar pada seluruh bagian tubuhnya, hingga di bagian ujung ekornya.

Untuk bagian alis matanya juga memiliki warna biru berlian yang terlihat hingga pada bagian belakang matanya. Lalu bagian kaki berwarna hitam pekat dengan tubuh yang lumayan besar, yang ukurannya sekitar 26 cm.

Ciri khas burung poksay hitam lainnya diantaranya yaitu suara kicauannya yang seperti suara teriakan dalam menandakan tanda bahaya. Ciri khas berikutnya yaitu adanya suara untuk panggilan yang memiliki nada yang jelas, keras, serta terdengar seperti halnya suara "hup".

Lalu untuk burung poksay yang berjenis kelamin jantan umumnya kicauannya lebih bervariasi dari pada dengan yang betinanya yang terdengar monoton ketika berkicau. Burung poksay hitam juga mempunyai paruh yang warnanya kuning dengan bulu berwarna kehitaman. Warna biru juga terlihat pada kulit yang ada di sekitar matanya.

Walaupun merupakan jenis burung pemalu, poksay hitam populer sangat aktif dan rajin berkicau yang memiliki suara yang sangat berisik. Terdengar juga beberapa suara panggilan yang terdengar cukup unik di telinga kita.

Kebiasaan Hidup
Pada waktu berada di alam liar, burung poksay hitam ini pada umumnya memburu jangkrik, ulat, kupu-kupu, belalang, serta suka makan biji-bijian. Pada umumnya dalam berburu makanan, biasanya jenis burung poksay ini mencarinya di antara tumpukan dedaunan serta di antara pepohonan.

Selain itu, burung poksay hitam ini juga memiliki kebiasaan, diaantaranya terbang rendah dalam membidik mangsa maupun hewan yang akan diburunya. Lain halnya dengan burung poksay genting (chesnut-capped laughingthrush) yang hidup dengan berkoloni, burung poksay hitam lebih suka bergerak sendiri-sendiri.

Walaupun begitu , terkadang burung poksay hitam juga sering terlihat bersama-sama dengan sekelompok poksay genting/poksay mandarin.

Suara Kicauan Burung Poksay Hitam
Burung poksay jantan dan betina juga memiliki kemampuan berkicau yang sama, akan tetapi suara kicauan dan suara panggilan burung poksay jantan terdengar lebih bervariasi. Ciri khas burung poksay hitam jika dari kicauannya memang terdengar mirip dengan poksay jambul. Yang mana ada suara rintihan seperti halnya suara tertawa histeris mirip dengan poksay kuda.


Demikianlah Artikel Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik

Sekian BLACK HAT SEO Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Ciri Khas Burung Poksay Hitam dan Suaranya yang Unik dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2020/02/ciri-khas-burung-poksay-hitam-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,