Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama

Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama
Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama


lihat juga


Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama

Artikel Jalak Suren, Burung jalak suren adalah salah satu jenis jalak yang populer diantara jenis jalak lainnya. Bukan hanya itu, harga jualnya pun lebih stabil dari burung jalak lainnya. Sobat sedang merawat jalak suren apalagi untuk yang pertama kali sering menanyakan jalak suren mabung pertama umur berapa bulan? umur jalak suren mulai bunyi berapa bulan?. Berapa lama jalak suren mabung? kenapa jalak suren mabung jadi macet bunyi? Dsb. Nah, untuk membantu para sobat dalam perawatan jalak suren saat mabung maka pada kesempatan kali ini kami akan berikan sedikit info tentang Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama. Berikut ulasanya :

Cara perawatan jalak suren mabung pertama
tips lengkap

Perawatan burung pada saat mabung itu menjadi perihal yang amat perlu, karna seandainya perawatan yang salah pada saat ini dapat membuat burung jadi rusak. Mabung (moulting) atau rontok bulu adalah siklus alamiah pada keluarga burung. Proses pergantian bulu atau yang dikenal dengan istilah mabung tersebut membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Baik itu perawatan, pemberian pakan dan vitamin yang dibutuhkan. Karena pada saat mabung ini metabolisme tubuh burung meningkat nyaris 40% dari keadaan normal. Oleh sebab itu, burung perlu asupan gizi yang berkualitas bagus dengan porsi lebih besar dari keadaan biasanya.

Ciri-ciri burung mabung biasanya ditandai dengan rontoknya bulu-bulu dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Bulu-bulu tersebut kemudian akan digantikan dengan bulu baru yang lebih bagus. Umumnya burung saat masuk masa mabung (moulting) burung akan banyak berdiam diri karena banyak mengumpulkan energi untuk membangun bulu-bulu barunya itu, dan pergantian bulu yang pertama biasanya akan terjadi pada saat burung berusia remaja atau pada saat burung tersebut menginjak usia dewasa. Jika perawatan masa mabung salah maka mabungnya akan terganggu dan mengakibatkan efek negatif seperti masa mabungnya tidak tuntas-tuntas, masa mabung gagal tau macet, bulu baru yang muncul ketika mabung tidak tumbuh dengan sempurna seperti kering, keriting dan mudah rusak. Untuk lebih lengkapnya mengenai perawatan jalak suren mabung kita akan bahas dibawah ini.

Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Agar Cepat Tuntas
Ciri-ciri jalak suren mabung yaitu terdapat bulu-bulu halus berjatuhan, burung lebih banyak diam (kurang aktif), burung juga macet bunyi, bulu-bulu sudah kusam dan nyerit (bercabang). Untuk merawat jalak suren yang mabung bisa dilakukan dengan pola rawatan berikut:

Simpan burung jalak suren di tempat sepi dan tenang, usahakan agar tidak melihat burung sejenis dan tidak mendengar suara kicaunya. Ini akan membantu agar jalak suren tidak menghabiskan energinya dan agar tidak terlalu banyak berkicau. Karena burung jalak membutuhkan energi yang cukup besar untuk proses mabung.

Sering-seringlah full kerodong, semprot sedikit untuk melembabkan, lebih baik stop terlebih dahulu mandinya sampai bulu jarum terlihat. Ada juga yang dimandikan seminggu sekali, bebas mau pilih yang mana. Tapi memandikan kadang bisa membuat bulu alot susah copot.

Berikan EF lebih banyak, jangkrik 5-8 ekor pagi dan 5 ekor sore, kroto 1 sendok makan setiap pagi. Lakukan pemasteran saat bulu jarum mulai tumbuh. Saat-saat mabung adalah saat terbaik bagi burung berkicau untuk dimaster.

Lebih baik stop terlebih dahulu jemurnya sampai bulu jarum terlihat. Ada juga yang menjemur 10-30 menit perhari, silahkan bebas pilih. Tapi menjemur kadang bisa membuat bulu alot susah copot. Ganti voer dan atau beri racikan pakan untuk mabung agar bulu lebih cepat copot. Campur voer dengan susu bubuk putih agar cepat ambrol. Bebas pilih merk apa saja, tapi setelah bulu ambrol maka segera hentikan pemberian.

Perawatan jalak suren mabung pertama diatas merupakan perawatan jalak suren mabung secara umum, silahkan di variasi sesuai dengan kebiasaan dan karakter burung sobat masing-masing agar hasilnya lebih maksimal. Terimakasih, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama

Sekian BLACK HAT SEO Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2017/09/cara-perawatan-jalak-suren-mabung.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,