Ciri Love Brid Jantan Dan Betina

Ciri Love Brid Jantan Dan Betina - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Ciri Love Brid Jantan Dan Betina, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Ciri Love Brid Jantan Dan Betina
Ciri Love Brid Jantan Dan Betina


lihat juga


Ciri Love Brid Jantan Dan Betina

Artikel Lovebrid, tips lengkap Banyak yang memiliki cara sendiri untuk membedakan jenis kelamin pada burung love brid, karena banyak perbedaan dan pendapat tentang ciri khusus untuk membedakan burung cinta tersebut. Terkait masalah ini kami berinisiatif untuk memberikan ciri perbedaan love brid jantan dan betina akurat 90% pada postingan kali ini.

Untuk membedakan jenis kelamin pada Love Brid merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah, masalahnya love brid mempunyai banyak jenisnya. Jandi untuk jenis tertentu terkadang lebih mudah dan jenis lainnya terkadang juga lebih sulit. Dan diantara yang kedua itu yang paling susah adalah pada saat umur Love Brid masih menginjak anakan, karena bentuk tubuh belum terlihat secara signifikan, cara yang digunakan membedakan kelamin pada love brid banyak yang menggunakan 2 cara, yaitu: ilmiah dan cara sederhana.

Perbedaan love brid jantan dan betina yang berdasarkan penampakan luarnya saja (untuk jenis burung secara umum) dibedakan menjadi tiga kelompok love brid. Ketiga kelompok yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :
  1. Kelompok love brid dimorfik (jenis kelaminnya sangat jelas dan dapat dibedakan).
  2. Kelompok love brid intermediate (jenis kelaminnya agak sulit dapat dibedakan dari penampilan burung).
  3. Kelompok love brid kacamata (perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten).
Namun dengan catatan ketiga kelompok tersebut bisa dibedakan hanya dengan melihat tampilan luarnya saja, melihat tampilan luar merupakan solusi untuk membedakan jenis kelamin betina atau jantan pada semua jenis burung love brid.
Untuk kelompok jenis burung love brid dimorfik, yaitu antara lain : Jenis love brid Abisinia (Agapornis taranta), jenis love brid Madagaskar (Agapornis cana) dan jenis love brid muka merah (Agapornis pullaria), sangat jelas dan dapat dibedakan antara jenis kelamin jantan dan betina.

Dan untuk kelompok lainnya seperti; jenis Love Brid Black Collared (Agapornis swinderniana), membedakan antara jenis kelamin betina dan jantan sangat sulit dilakukan dengan melihat tampilan luarnya saja, meskipun pada umumnya love brid betina mempunyai bulu dibagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Sekarang yang akan kami bahas adalah perbedaan love brid jantan dan betina untuk ke empat jenis love brid yang termasuk dalam kelompok love brid kacamata? 4 jenis tersebut antara lain: Love Brid kacatmata/Love Brid nyasa (Agapornis lilianae), Love Brid pipi hitam (Agapornis nigrigenis), Love Brid topeng (Agapornis personata) dan Love Brid fischer (Agapornis ficheri). Untuk ke empat jenis burung love brid kacamata ini memang agak sulit untuk membedakan jenis kelaminnya, dengan tampilan yang nyaris sama pula semakin susah untuk diidentifikasi jenis kelaminnya. Memang pada ke empat jenis ini memiliki perbedaan berat badan antara betina dan jantan, untuk love brid betina mempunyai ciri keunikan sendiri yaitu ketika musim berkembak biak akan membawa bahan sarang dibawah bulu tunggir dan bulu punggung bagian bawah.

Ciri lovebrid jantan dan betina
tips lengkap

Ciri-ciri Love Brid Jantan dan Betina

Ciri dan perbedaan untuk membedakan jenis kelamin love brid betina dan jantan disini adalah dengan cara melihat tampilan luar dan karakter / tingkah laku. Cara tersebut banyak dipakai oleh para penangkar burung professional, karena cara ini dianggap sebagai cara yang paling signifikan tingkat akurasinya mencapai 90%, berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin pada burung love brid kacamata :
  • Bentuk ekor- Paling mudah membedakan love brid jantan dan betina yaitu dengan melihat ekornya, jika jantan ujung ekornya membentuk hurup V atau lancip, sedangkan betina bentuk ekornya datar seperti merpati.
  • Bentuk kaki- Bentuk kaki ini bisa dilihat ketika love brid sedang bertengger, posisi kaki betina lebih melebar kesamping atau ngangkang, sedangkan jantan merapat.
  • Bentuk paruh- Bentuk paruh love brid dilihat dari dekat agar jelas, bentuk paruh love brid jantan biasanya lebih runcing dari atas kebawah dan terlihat kering, sedangkan love brid betina akan lebih besar dari pangkalnya.
  • Bentuk sayap- Love brid jantan ujung sayap lebih sering terlihat dalam posisi menyilang atau merapat sedangkan love brid betina dalam posisi melebar dan terbuka.
  • Bentuk kepala- Bentuk kepala jantan kebanyakan lebih kecil dan bulat tetapi rata dibagian atas, sedangkan pada love brid betina terlihat lebih besar dan menonjol secara umum.
Perbedaan Love Brid Jantan dan Betina Pada Prilakunya
  • Saat birahi- Pada saat love brid sudah berjodoh biasanya kepala love brid jantan akan mengangguk dan bergetar seakan ingin menyuapi anaknya. Love brid jantan akan melolohkannya pada love brid betina.
  • Membawa bahan sarang- Love brid betina akan terlihat rajin mengangkut sarang ketika menjelang akan bertelur, daripada jantannya. Ini bisa menjadi dasar pertimbangan kita.
  • Menggigit objek dari dalam kandangnya- Love brid betina terlihat lebih agresif didalam kandangnya. Ini mungkin normal karena sikap keibuannya yang lebih agresif melindungi sarang. Terbukti ketika tangan kita masuk kedalam sarangnya, pasti love brid betina akan mematuknya.
Ciri-ciri yang dijelaskan diatas merupakan ciri-ciri dari pengalaman peternak love brid, dan keakuratannya masih 90%, jika kita ingin benar-benar akurat salah satu jalannya adalah tes DNA burung, ini karena memang burung paruh bengkok lebih susah. Terimakasih telah menyimak penjelasan kami ini, semoga artikel kami ini dapat bermanfaat untuk sobat hobiku semua. Salam, sukses selalu.


Demikianlah Artikel Ciri Love Brid Jantan Dan Betina

Sekian BLACK HAT SEO Ciri Love Brid Jantan Dan Betina, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Ciri Love Brid Jantan Dan Betina dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2017/10/ciri-love-brid-jantan-dan-betina.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,