Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet

Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet
Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet


lihat juga


Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet

Artikel Lovebrid, tips lengkap - Dari sebuah kondisi dimana burung mengalami penurunan berat badan secara drastis bisa dikatakan itu nyilet terutama pada burung lovebrid ini. Dalam kondisi ini, dada burung lovebrid sampai nyaris tidak terdapat daging sama sekali sehingga jika dipegang yang terlihat hanya tulang dada yang seperti silet.

Pengobatan dan perawatan burung lovebrid nyilet
tips lengkap

Nah, atas dssar inilah burung lovebrid yang seperti ini disebut sebagai lovebrid nyilet. Semua burung mempunyai potensi untuk mengalami nyilet, tidak terkecuali lovebrid. Burung lain pun juga sangat mungkin mengalami gangguan kesehatan seperti ini.

Jika melihat kondisinya, lovebrid nyilet disebabkan oleh beragam hal yang sangat kompleks. Namun secara umum, kondisi ini disebabkan karena dua hal sebagaimana berikut ini :

Nyilet akibat perawatan kurang bagus- Pertama, lovebrid nyilet disebabkan karena perawatan yang kurang bagus, hal ini terjadi akibat kurang pahamnya sobat dalam memberikan rawatan pada burung atau karena kelalaian sobat yang memang disengaja. Akibatnya, burung menjadi kurang sehat dan lama kelamaan menjadi kurus.

Dalam kondisi ini, mungkin burung mengalami gizi buruk akibat kurang terjaminnya gizi dari asupan yang dimakannya setiap hari. Karenanya, disamping memberikan sayur dan jagung secara rutin, sobat juga sangat dianjurkan untuk memberikan biji-bijian yang lengkap, terutama kuaci.

Selain itu, kurangnya porsi pakan setiap hari juga bisa membuat burung lovebrid mengalami nyilet. Hal ini disebabkan karena asupan yang dimakan setiap hari tidak memenuhi standar gizi burung. Tidak hanya itu, porsi pakan yang sedikit membuat burung tidak cukup mendapatkan energi sehingga burung merasa lemas setiap hari. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat burung menjadi kurus karena tubuh burung kekurangan energi secara terus-menerus.

Untuk mengatasi burung lovebrid nyilet seperti ini, sobat bisa memberikan rawatan sebagai berikut ini :

  • Bersihkan kandang, cuci cepuk pakan maupun minum setiap hari.
  • Ganti pakan dan minum setiap hari dengan porsi yang cukup.
  • Untuk biji-bijian, berikan yang berkualitas yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Namun begitu, pakan berkualitas bukan berarti mahal namun pakan yang memenuhi standar gizi burung.
  • Berikan sayuran secara variatif, terutama yang paling disenanginya. Bisa berupa jagung manis, tauge, kangkung, apel, dan sebagainya.
  • Berikan multivitamin agar burung lovebrid sehat dan lahap makan.
  • Untuk mandi dan jemur lakukan seperti biasa.
Nyilet akibat penyakit- Lovebrid nyilet juga bisa disebabkan karena sebuah penyakit yang mendasarinya. Bisa saja burung lovebrid sedang mengalami penyakit cacing sehingga sebanyak apapun burung makan, ia akan tetap menjadi kurus sebab gizi makanan tersebut diserap oleh cacing.

Untuk pengobatan dan perawatan lovebrid nyilet karena penyakit seperti ini, dapat dilakukan sebagai berikut:
  • Jauhkan burung dari burung sejenis lainnya agar lebih nyaman dalam pemantauan sehari-harinya.
  • Mandi stop terlebih dahulu namun untuk jemur tetap harus dilakukan dipagi hari.
  • Jaga kebersihan sangkar dan aksesorisnya setiap hari.
  • Ganti pakan dan minum setiap hari.
  • Berikan pakan yang berkualitas, terutama pakan yang enak-enak menurut burung lovebrid.
  • Berikan obat cacing seperti (kombantrin tablet) setiap hari selama tiga hari, masing-masing sebesar butir beras.
  • Sobat juga bisa mencampurkan obat cacing ini dengan air minum atau pada pakan.
  • Dalam beberapa hari, cacing biasanya akan keluar bersama kotoran burung.
  • Setiap hari burung bisa di istirahtkan dengan cara dikerodong. Namun jika khawatir burung jadi kurang makan, sebaiknya dibuka saja.
Semoga tips dan cara di atas ini dapat bermanfaat untuk para kicau mania semua, selamat mencoba dan semoga berhasil.


Demikianlah Artikel Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet

Sekian BLACK HAT SEO Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Perawatan dan Pengobatan Burung Lovebrid Nyilet dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2017/10/perawatan-dan-pengobatan-burung.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,