Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit

Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit
Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit


lihat juga


Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit

Artikel Tips Lainnya,
tips lengkap - Ok sobat hobiku kali ini kita akan coba membahas cara mengobati burung peliharaan kita yang sakit, tapi alangkah baiknya mencegah burung agar tidak sakit jauh lebih baik daripada mengobati tapi sebaik-baiknya kita mencegah pasti kapan-kapan akan sakit dikarnakan beberapa penyebab diluar pencegahan kita.

Ok sobat berikut beberapa tanda-tanda & gejala burung peliharaan kita sakit :
  1. Napsu makan burung menurun
  2. Burung tidak sedikt minum
  3. Kotoran burung cair
  4. Burung selalu ngantuk, mata burung sayu
  5. Sayap burung terkulai
  6. Bulu burung kusam, kusut & mengembang
  7. Burung gemetar & berdiri tak seimbang
  8. Nafas burung tidak teratur, paruh jarang terbuka seperti kepanasan
  9. Burung kurang lincah & burung tidak sedikt diam
  10. Bulu kepala burung berdiri
  11. Tidak sedikit kotoran yang menempel di bulu di sekitar keloaka burung
dan masih banyak penyakit yang tidak jarang kita ketahui, seperti snot, pilek, nada serak, sesak nafas, berak kapur, mencret, luka, infeksi luka, burung lesu, burung kurus/nyilet, lumpuh, gejala seperti sakit ayam atau tatelo serta penyakit lain yang disebabkan bakteri Gr positip & bakteri Gr negatif. Berikut Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit...

Faktor dari itu semua sebagai berikut :
  • Selalu lihat kebersihan sangkar burung - sebaiknya sangkar burung dibersihkan secara teratur setiap hari dipagi hari. Alas sangkar yang kotor dan sekitarnya di sikat dan di cuci bersih dengan deterjen, setelah itu dijemur 15-30 menit dibawah terik matahari.
Keterangan : Agar lebih baik serta aman, seluruh ornamen sangkar burung di semprotkan disinfektan bakteri, kuman penyakit, parasit, jamur, kutu serta virus (virus flu burung/virus AI & yang lain) yang dapat menyebabkan terganggu kesehatannya.

  •  Jemur burung minimal 15 menit secara teratur tiap pagi hari -  ingin burung peliharaan sobat sehat? Jemurlah burung peliharaan sobat dengan teratur, itu salah satu agar burung peliharaan kita sehat selalu. Burung wajib dijemur minimal 15 menit tiap pagi. Penjemuran burung paling bagus sejak mulai pukul 07.00-10.00, kehangatan pagi hari dari sinar UV tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh burung untuk menyerap Pro Vitamin D3 yang ada di tubuh burung jadi Vitamin D3.
Keterangan : Sinar UV, Alpha, Gamma. Beta, Theta dan yang lainnya sangat penting untuk tubuh burung untuk mendapatkan serta memproduksi hormon-hormon vital. Sample hormon vital tersebut antara lain yakni hormon pertumbuhan dan hormon reproduksi. Disamping itu juga sebagai keperluan basic biologis serta kepentingan fisik, penjemuran atau menjemur burung pun berdampak besar pada psikologis burung.
  •  Memberi makan serta nutrisi yang serasi dan seimbang yang bermutu bagus - Salah satu sumber penyakit pada semua mahluk hidup yakni makanan yang di konsumsi. Demikian juga dengan burung yang amat tergantung pada makanan yang senantiasa kita berikan. Disini, kita benar-benar di tuntut harus mengetahui dan paham mengenai fisiologis burung yang kita rawat.

 Keterangan : Memberi makanan serta kandungan komposisinya komplit yang telah teruji sesuai untuk burung. Disini bukan berarti burung menyukai dan melahap habis makanan yang kita berikan. Maksudnya merupakan sesuai bersama system metabolisme burung dan kandungan komposisi nutrisi dari makanan tersebut mesti memenuhi seluruh keperluan burung. Selalu jalankan evaluasi dan pengamatan dengan cara teratur tiap habis pemberian makanan terhadap burung serta janganlah sempat bereksperimen dengan makanan burung kalau sobat belum paham fisiologi burung. yang merupakan sampel, syistem metabolisme burung pemakan serangga amat berlainan dengan system metabolisme burung pemakan buah. 

  •  Memberi suplemen vitamin dan mineral yang bermutu bagus dengan cara teratur dan berkala -  Untuk apa pemberian suplemen Vitamin, Mineral serta Asam Amino untuk burung kesayangan kita? Apakah kandungan makanan yang kita berikan elama ini belum cukup memenuhi nutrisi yang dibutuhkan burung?  

 Keterangan : Pemberian suplemen Vitamin, Mineral, Asam Amino Esensial dan suplemen yang lain, wajib kita berikan kepada burung, jika kita tidak sanggup mencukupi kepentingan basic burung, kita buat nutrisi standarnya pas AKG (Angka Kecukupan Giji)  dan RDA (Recommended Dietary Allowences)  pada masing-masing burung. Memberi Vitamin, Mineral dan Asam Amino yang telah diracik kusus buat burung. Memberikan dengan cara teratur serta terjadwal (berkala). Dosis atau takaran pemberiannya pun harus sesuai. Selalu lihat tips penggunaannya, dikarnakan pemberian suplemen Vitamin, Mineral, Asam Amino Esensial dan suplemen yang lain, harus pas dosis serta aturan yang jelas. Pemberian dengan dosis yang berlebih berdampak tidak baik bagi kesehatan burung. Suplemen (Vitamin dan Mineral)  teramat dibutuhkan tubuh burung dalam waktu pertumbuhan, penyembuhan sakit, pada burung mabung, bertelur, meningkatkan daya tahan tubuh di waktu pancaroba DLL. 

  • Hindari Burung Dari Stress - Biasanya stress pada burung merupakan stress psikologis yang sanggup mengganggu seluruh system yang ada di tubuh burung. Tidak sedikit efek yang bakal menyebabkan burung menjadi stress, Antara Lain: penempatan burung yang menyebabkan burung jadi merasa tidak aman, ketenangan serta kenyamana burung terganggu, situasi lingkungan burung Dll. Burung yang mengalami stress psikologis akan sangat jadi normal kembali. 
  • Beri OBAT yang Pas cocok Untuk Penyakit Burung yang kita pelihara - Bila burung sudah terlanjur sakit atau terjangkit penyakit, jangan sampai gugup. Tempatkan burung yang sakit di tempat yang hangat serta hindari dari angin yang menerpa secara langsung. Kenali dan diagnosa apa type penyakit burung tersebut, seperti sakit snot, pilek, suara burung serak, burung sesak nafas, berak kapur, berak hijau, mencret, luka, infeksi luka, burung lesu, burung kurus, mengantuk, burung tak nafsu makan, nafsu makan burung menurun, burung lumpuh, burung seperti sakit ayan atau sakit tetelo serta penyakit burung lainnya. Mendiagnosa gejala awal atau mengenali penyakit burung ini jadi teramat mutlak untuk memudahkan pemberian obat yang pas untuk burung. 
Keterangan : Konsultasikan penyakit burung tersebut dengan orang yang memang paham mengenai penyakit burung, agar mendapatkan rekomendasi obat burung yang pas dan sesuai dengan penyakit yang di derita burung kesayangan kita. 
Cepat obati dengan obat burung yang sesuai, unsur obat burung rata-rata berasal dari antibiotik. Pemaikaian obat antibiotik harus pas, dosis yang benar, pemakaian obat antibiotik yang salah dapat berpotensi menyebabkan dampak resistan atau kebal di tubuh burung. Jangan mencoba atau berekperimen dengan obat burung, jika tidak paham menyangkut kandungan obat burung serta efeknya kepada burung. Ok sobat hobiku samapai disini dulu ya, semoga ulasan di atas ini dapat bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung. Sukses selalu...


tips lengkap


Demikianlah Artikel Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit

Sekian BLACK HAT SEO Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Tips Mengobati dan Merawat Burung yang Sakit dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2018/01/tips-mengobati-dan-merawat-burung-yang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,