Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3

Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3 - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3
Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3


lihat juga


Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3

Artikel Lovebrid, Artikel Tips Berternak, tips lengkap - Halo sobat, kali ini kami akan mengulas cara mempoligami burung lovebrid. Semoga ulasan kami dibawah ini selalu menjadi reperensi dan wawasan kita semua.

Cara poligami lovebrid jantan 1 betina 3
tips lengkap

Dalam brending kandang koloni, sepasang lovebrid telah berjodoh tak akan berpindah pasangan. Hal seperti ini dapat Anda lakukan dalam kandang soliter/battery. Lovebrid, di alam liar burung ini dikenal dengan monogami atau burung setia dengan pasangannya. Namun, bukan berarti seekor burung jantan tidak dapat di kembang biakan dalam kehidupan berpoligami. Banyak juga seorang penangkar lovebrid yang sukses, menerapkan system poligami ini.

Poligami Love Brid Idealnya 1 Jantan 3 Betina

Tujuan dalam beternak lovebrid dengan system tersebut, tentunya menghemat pejantan yang ingin dikawinkan dengan beberapa lovebrid betina. Secara teoritis, induk jantan mampu mengawini hingga 4-5 ekor indukan betina, menggunakan persentase fertilitas yang tetap sama.

Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3
tips lengkap

Berdasarkan pengalaman penangkar burung lovebrid, dalam perkawinan poligami lovebrid menggunakan rasio 1 : 3. Disimpulkan seekor pejantan mengawini tiga indukan betina. Namun hal ini tidak seperti peternakan ayam, dimana seekor jantan dicampur dengan betina dalam satu kandang. Jika hal tersebut dilakukan pada lovebrid, maka burung jantan hanya mau mengawini seekor betina saja dan akan timbul sifat asli burung lovebrid yang setia sama pasangannya. Berikut tahapan dalam beternak lovebrid koloni yang baik dan benar :

Pilih Indukan Love Brid

  • Induk jantan minimal dengan usia 8 bulan
  • Induk betina minimal berumur 1 tahun yang sudah mengalami masa birahi
  • Seekor jantan akan mengawini 3 sekaligus indukan betina, maka kualitas akan lebih bagus dalam berternaknya guna lovebrid suara
  • Induk betinanya di usahakan memiliki kualitas suara bagus, jika orientasi ternak fokus dalam jangka panjang
  • Orientasi dalam mencetak lovebrid warna eksotik, lebih baik bila indukan betina mempunyai warna yang berbeda-beda, kita akan menghasilkan anakan lovebrid yang bervariasi
Keuntungan dalam pemijahan dengan cara poligami, selain menghemat jumlah indukan jantan, kita bisa langsung memprediksi warna anakan lovebrid. Berdasarkan warna jantan dan betina yang akan dipasangkan.

Siapkan Kandang Untuk Sarang

  1. Persiapkanlah tiga kandang ternak, sesuai dengan jumlah induk betina. Siapkan juga satu kandang ternak, untuk indukan jantan.
  2. Induk betina bisa Anda susun secara berjajar dan kandang induk jantan diletakan agak jauh dari kandang betina, berilah nomor masing-masing kandang betina. Contoh : 1,2 dan 3 atau A, B dan C.
  3. Setiap kandang indukan lengkapi dengan wadah pakan, air minum, jangan lupa kotak sarang dari bahan triplek.
  4. Letakan kotak sarang tersebut di salah satu sudut. Masukan bahan ke sarang, namun secukupnya.
  5. Tebarkan juga bahan sarang ke dasar kandang induk betina. Bahan ini dapat Anda beri ijuk halus, daun cemara yang kering atau yang lain. Bahan-bahan tersebutlah yang akan di tempati induk saat bertelur.
  6. Makanan utama yang diberi merupakan campuran Milet Putih, Gabah dan Canary Seed.Tambahkan untuk makanan, extra fooding (EF) jagung muda, daun sawi putih, biji bunga matahari dan tulang sotong.

Kawin Gilir
Didalam perkawinan poligami ternak burung lovebrid, ada tahapan pergilirannya. Berikut caranya :
  • Setiap pagi, dimulai pukul 06.00 sampai 07.00, induk jantan harus dimasukan ke kandang betina, itu dilakukan secara bergilir. Contoh: Pertama dimasukan ke kandang betina yang ke 1, mulai pukul 06.00. Satu jam kemudian, induk jantan Anda angkat dan masuk kekandangnya sendiri.
  • Besoknya, induk jantan Anda kembalikan ke kandang betina yang ke 1, dalam waktu yang sama, kemudian kembalikan kembali ke kandangnya. Lakukan seterusnya berturut-turut dalam 4 hari di kandang betina ke 1, meskipun hanya dalam waktu 1 jam.
  • Hari ke 5, induk jantan di masukan ke kandang betina ke 2, dalam rentang waktu 06.00 sampai 07.00. Kemudian dikembalikan ke kandangnya sendiri. Hal ini berlaku selama 4 hari berturut-turut.
  • Selanjutnya induk jantan Anda masukan ke kandang betina ke 3, dalam waktu yang sama juga, selama 4 hari berturut-turut.
  • Jadi selama 12 hari nonstop, induk jantan selalu mendampingi induk betina, meski satu jam saja. Saat bersamaan dengan induk betina, induk jantan bisa mengawini pasangannya secara sempurna.
  • Beberapa hari atau berminggu-minggu setelah kawin, masing-masing induk betina akan bertelur. Kalau telurnya menetas (cuma hanya 1-2 induk betina saja), berarti metode poligami berjalan lancar. Jika tak bertelur satupun yang menetas, dua kemungkinan yang terjadi, yaitu induk jantan tidak pernah mengawini betina, atau induk jantannya yang interfil.
Persiapkan Glodok dan Sarang Untuk Mengeram Telur

Ketika berternak lovebrid koloni bisa berjalan lancar, maka siapkan glodok pada kandangnya. Sebab inilah yang akan digunakan induk betina bertelur. Namun Anda juga wajib menyiapkan alas dasarnya juga, untuk merawat telur tersebut dengan baik. Pada habitat aslinya lovebrid membuat sarangnya dari bahan ranting pohon kecil, tangkai daun serta yang lain. Buatlah alas kandang yang nyaman lovebrid dengan memberi tangkai daun, ranting-ranting pohon kecil, klobot (kulit jagung).

Umumnya burung ini bertelur bisa sampai 4-6 butir. Anda tak perlu khawatir bila indukan tidak mengerami telur, karena biasanya lovebrid akan mengerami saat telur yang ketiga sudah keluar. Ketika masa pengeraman, indukan lovebrid akan keluar dari glodok untuk mencari makanan atau cuma merentangkan sayapnya saja.

Masa Penetasan Telur

Pada masa pengeraman telur sampai menetas memerlukan waktu 21-23 hari. Ada hal yang menarik saat penetasan, yakni lovebrid cuma membutuhkan waktu 24 jam untuk penetasan telur, dibandingkan burung yang lain. Jadi Anda tidak perlu cemas, sebab anakan lovebrid butuh penyesuaian diri di lingkungan yang barunya. Kami sarankan, ketika dalam masa penetasan Anda tak perlu intervensi, karena bisa mengakibatkan anak lovebrid akan tumbuh secara tak normal.

Bahkan saat masa pertama, semua telur tidak seluruhnya bisa menetas. Hal ini sangat wajar dan alami, Anda tak perlu risau! Masa-masa produktif pada ternak lovebrid akan terjadi bila masa telur yang kedua dan seterusnya. Apabila telur lovebrid terjadi kemandulan, karena indukannya yang terlalu muda serta kondisi kandang kurang baik dan nutrisi yang kurang itulah penyebabnya. Jika kemandulan itu berlangsung secara trrus-terusan, maka Anda perlu curiga. Periksalah cangkang telur lovebrid yang tidak menetas, lalu lihat perkembangan pada embrio telur tersebut.

Bila telur tersebut masih ada embrio tapi setengah jadi, bisa di artikan terjadi kesalahan pada waktu pengeraman yelur tersebut atau bisa saja telur tersebut keluar dari sarang dan akibatnya telur tidak dierami oleh induk betina.

Demikianlah, semoga ulasan kami mengenai Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3 di atas ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang ingin di tanyakan, silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terimakasih, sukses selalu.

tips lengkap



Demikianlah Artikel Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3

Sekian BLACK HAT SEO Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Poligami Love Brid Jantan 1 Betina 3 dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2018/02/cara-poligami-love-brid-jantan-1-betina.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : , ,