Cara Ternak Burung Pleci di Rumah

Cara Ternak Burung Pleci di Rumah - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Cara Ternak Burung Pleci di Rumah, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Cara Ternak Burung Pleci di Rumah
Cara Ternak Burung Pleci di Rumah


lihat juga


Cara Ternak Burung Pleci di Rumah

Artikel Pleci, Artikel Tips Berternak, Halo sobat tips lengkap, kali ini kami akan mengulas Cara Ternak Burung Pleci di Rumah. Semoga ulasan kami dibawah ini senantiasa menambah wawasan kita ya, yuup langsung saja.

Cara Ternak Burung Pleci di Rumah
tips lengkap

Burung Pleci, Salah satu burung yang banyak digemari karna keindahan suaranya yang bervariasi dengan bentuk tubuh mungil dan elok. Burung tersebut merupakan burung pleci atau yang memiliki nama lain (Burung Kacamata) yang memiliki nama latin Zosterops.

Untuk ternak burung pleci sendiri sebenarnya gampang-gampang susah, karena tergantung kita memilih indukan dan bereksperimen agar usaha kita ini dalam berternak mulus tanpa adanya hambatan apapun.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

Untuk cara ternak burung pleci ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan wajib untuk dilaksanakan agar kita bisa berhasil dalam menjalankan hal ini. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah :
  1. Indukan burung pleci yang sudah cukup umur (kira-kira usia pleci indukan harus sudah 1 tahun)
  2. Sangkar penangkaran lengkap dengan tempat sarang dan bahan sarang
  3. EF (Extra Fooding) 
Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk cara ternak burung pleci.

Siapkan sangkar penangkaran - Hal yang pertama harus Anda siapkan untuk ternak burung pleci adalah sangkar penangkaran, entah itu sangkar penangkaran untuk menjodohkan indukan terlebih dahulu dan sangkar penangkaran untuk proses ternak. Sebaiknya persiapkan kedua jenis sangkar tersebut.

Untuk sangkar penangkaran untuk menjodohkan sebaiknya gunakan sangkar gantung yang bisa untuk burung pleci seperti biasanya. Sedangkan untuk sangkar penangkaran proses ternak burung pleci, Anda bisa memilih beberapa tipe sangkar sebagai berikut :
  • Sangkar gantung (untuk Anda yang hanya ingin ternak kecil-kecilan)
  • Sangkar kotak seperti sangkar untuk ternak kenari (untuk Anda yang ingin ternak besar)
Jika sudah mempersiapkan sangkar penangkaran, selanjutnya..

Memilih Indukan - Setelah sangkar penangkaran disiapkan, selanjutnya Anda harus memilih indukan yang bagus dan berkualitas, untuk indukan burung pleci yang bagus adalah memilih usia yang cukup, sekitar 1 tahun atau lebih. Mengapa harus 1 tahun? karena jika indukan berusia kurang dari 1 tahun, kemungkinan besar Anda akan gagal dalam hal ternak burung mungil ini. Jika sudah mendapatkan indukan yang cukup umur, hal yang tak kalah penting lainya adalah membedakan mana jenis pleci jantan dan betina.



Cara menjodohkan pleci - Setelah memilih indukan dan membedakan jenis kelamin pleci, sekarang kita tinggal langsung saja untuk memasukan indukan tersebut ke sangkar penangkaran untuk proses penjodohan, dan mulai menjodohkan pleci. Masa penjodohan ini berlangsung selama kurang lebih 1 - 2 minggu dengan mendekatkan sangkar jantan dan betina. Dalam masa ini, berilah EF (Extra Fooding) makanan tambahan berprotein tinggi seperti kroto dan ulat Hongkong (kandang).

Setelah didekatkan selama 2 minggu, silahkan pisahkan sangkar betina dan jantan dan jauhkan jangan sampai terlihat satu sama lain. Hal ini untuk mengetes seberapa besar tingkat birai indukan. Ciri indukan yang birahi bisa dilihat dengan tingkah laku jantan yang gelisah ketika dipisahkan dengan betina, begitupula dengan sang betina. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka Anda hampir berhasil dalam menjodohkan indukan pleci ini.

Kesimpulannya :
Hal diatas kemungkinan akan membuat Anda berhasil dalam ternak burung pleci, namun bisa berkemungkinan gagal juga, tergantung Anda mencermati kembali langkah-langkah di atas dan jika terjadi kegagalan, Anda mau untuk mencoba kembali. Inti dari kesimpulan ini adalah jangan pernah berhenti untuk berusaha untuk mewujudkan hasrat yang ingin Anda capai.

Demikianlah, semoga ulasan kami di atas ini senantiasa menambah wawasan kita semua, terimakasih sudah berkujung, jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan kompentar Anda di kolom komentar dibawah ini. Salam tips lengkap. Sukses selalu.


Demikianlah Artikel Cara Ternak Burung Pleci di Rumah

Sekian BLACK HAT SEO Cara Ternak Burung Pleci di Rumah, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Ternak Burung Pleci di Rumah dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2018/02/cara-ternak-burung-pleci-di-rumah.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : , ,