Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari

Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari - Hallo sahabat BLACK HAT SEO, Pada sharing Artikel kali ini yang berjudul Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari, saya telah menyediakan artikel lengkap dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami.

Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari
Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari


lihat juga


Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari

Artikel KENARI, tips lengkap - Halo sobat tips lengkap, kali ini kami akan membahas bagaiman cara menghilangkan jamur pada kaki burung kenari. Salah satu permasalahan dari merawat burung kenari bukanlah susah menjadi gacor, melainkan satu penyakit atau lebih tepatnya jamur yang sering kali menyerang kaki burung kenari tersebut. Hal ini mungkin saja bukan masalah besar bagi sebagian orang yang sudah lama mengenal atau penghobi burung kenari. Namun ini menjadi masalah serius terutama bagi pencinta burung kenari yang bisa dibilang pemula. Paktor perawatan harian yang kurang maksimal adalah faktor terbesar yang menyebabkan jamur menyerang kaki burung kenari. 

Tips cara menghilangkan jamur pada kaki burung kenari
tips lengkap

A. Penyebab Jamur Pada Kaki Kenari
Perlu sobat ketahui, burung kenari yang kita pelihara pastinya mengeluarkan kotoran. Biasanya terdapat kotoran yang menempel pada tangkringan didalam sangkar, selain itu pada alas sangkar pun bertebaran kotorannya yang tak menutup kemungkinan terinjak oleh kaki burung kenari seperti kotoran yang menempel pada tangkringannya.

tips lengkap

Kondisi sangkar yang kotor, dan juga tangkringan yang banyak terdapat kotorannya adalah pemicu hadirnya jamur yang menyerang kaki burung kenari kesayangan kita. Keadaan sangkar atau tangkringan yang basah juga lembab lebih memperburuk keadaan dan memperbesar peluang jamur menyerang.Jika keadaan tersebut berlangsung lama, selain bahaya kotoran burung untuk kesehatan, bahaya jamur pun kini mengancam kaki burung untuk bertengger. Bukan hanya untuk burung bakalan dan burung rumahan, hal ini juga berlaku untuk burung lapangan yang bahkan sering menjuarai lomba. Namun bedanya, perawatan mereka lebih serius terutama dalam memperhatikan kebersihan sangkar dan kesehatan burung sehingga peluang jamur untuk menyerang kaki kenari sangat kecil bahkan hampir tidak ada.

Lalu bagaiman jika burung kenari yang kita rawat sudah terlanjur kakinya berjamur. Tidak usah cemas, simak terus artikel kami ini karena sudah kami utarakan beberapa tips dari sobat kenarimania untuk mengatasinya dan mencegahnya datang kembali.

B. Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari
Selain burung yang terlihat tidak nyaman, kita sebagai pemiliknya pun merasa kasihan melihat kondisi seperti itu. Untuk itu kita harus segera melakukan tindakan untuk menyembuhkan atau menghilangkannya.
  1. Pertama tangkap burung kenari yang kakinya terserang jamur. Hati-hati dalam menangkapnya jangan sampai burung merasa tidak nyaman sampai bulunya berjatuhan atau pun merasa kesakitan.
  2. Bersihkan kaki burung kenari yang terdapat jamur dengan air hangat, bisa dengan cara di rendam.
  3. Keringkan dengan kain bersih atau cukup di angin-anginkan.
  4. Jika sudah kering, basuh atau oleskan minyak tanah dan biarkan kering lagi.
  5. Oleskan salep kulit pembasmi jamur dan biarkan sampai tak terlihat basah.
  6. Bersihkan sangkar dari kotoran sampai ke sudut-sudutnya. Jangan lupa pastikan tangkringannya pun dicuci bersih kemudian keringkan.
  7. Masukan kembali burung yang sudah diobati tadi,
  8. Sebaiknya burung tidak dimandikan dulu minimal sehari.
  9. Ulangi hal diatas 1 atau 2 hari kemudian sampai jamur pada kaki burung kenari benar-benar bersih.
C. Langkah Pencegahan Jamur Pada Kaki Burung Kenari
Langkah pencegahan ini ditunjukan untuk burung kenari yang belum terserang jamur atau yang sudah pulih dan terbebas dari jamur. Berikut ulasannya :
  1. Pastikan sangkar dan tangkringan selalu dalam keadaan bersih dan terbebas dari kotoran yang menempel.
  2. Usahakan sangkar terutama tangkringan tidak dalam keadaan lembab atau basah selagi burung tidak dijemur.
  3. Ganti pakan dan air minumnya setiap pagi dan sore hari serta buat cepuknya selalu bersih.
  4. Selalu menjaga kesehatan burung agar tetap fit, berikan multivitamin untuk membantunya.
  5. Kerodong burung harus di cuci berkala agar tidak ada virus yang bersarang.
Jika sudah melakukan pencegahan, sudah dapat dipastikan bahwa jamur tidak akan mampu menyerang kaki kenari kesayangan kita. Itulah beberapa tips dari kami, semoga senantiasa bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang sobat tanyakan silahkan jangan ragu untuk bertanya. Terimakasih telah menyimak artikel sederhana kami ini, sukses selalu. Salam tips lengkap  
    tips lengkap


    Demikianlah Artikel Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari

    Sekian BLACK HAT SEO Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan BLACK HAT SEO kali ini.

    Anda sedang membaca artikel Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari dan artikel ini url permalinknya adalah https://black-hat-seo-blogger.blogspot.com/2018/06/tips-cara-menghilangkan-jamur-pada-kaki.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

    Tag : ,